May 14, 2008

Hentikan Kebiasaan Ngompol Anak

Semua orang tua yang mempunyai anak usia 3 tahun pasti selalu mengharapkan anaknya bisa menghentikan ompolannya. Mengompol memang menjadi persoalan sendiri bagi sebagian besar orangtua, karena membuat orangtua harus bekerja ekstra untuk mengganti alas kasur dan pakaian anak. Bekas ompol yang ada di kasur pun menimbulkan aroma yang kurang sedap. Saat akan melakukan perjalanan jauh, anda harus mempersiapkan popok dan baju yang cukup banyak sehingga merepotkan sekali.

Kebiasaan ngompol yang terjadi pada anak usia 3 tahun masih tergolong wajar. Mereka membutuhkan proses pembelajaran untuk menjadi terbiasa buang air kecil secara rutin. Ada beberapa cara yang dapat disarankan agar anak dapat segera berhenti mengompol dan anda sebagai orang tua sangat berperan penting. Yang harus anda lakukan adalah mulai mengenali kebiasaan atau pola mengompolnya baik pada malam hari atau siang hari saat bermain.

Perhatikan saat anak sedang tertidur, biasanya setelah anak minum cenderung mengompol. Buatlah catatan khusus saat anak akan mengompol, sehingga anda dapat mempola anak dengan membiasakan buang air kecil sebelum waktunya. Lakukanlah terus dalam waktu sebulan, anak akan terbiasa dengan hal tersebut.

Dalam proses membiasakan tersebut, sebaiknya hindari anak tidak merasa tertekan. Karena jika anak merasa tertekan, bisa menghambat proses belajar tidak ngompol. Jika dengan cara seperti itu anak masih ngompol, sebaiknya anda periksakan ke dokter karena kemungkinan ada gangguan biologis dalam diri anak. p2t

Berapa kali anda berhubungan intim selama seminggu?