May 14, 2008

Isu dan Fakta Seputar Suplemen

Suplemen makanan didefinisikan sebagai produk yang digunakan untuk melengkapi makanan yang mengandung satu atau kombinasi bahan, yaitu vitamin, mineral, tumbuhan atau bahan yang berasal dari tumbuhan, asam amino, bahan yang digunakan untuk meningkatkan angka kecukupan gizi (AKG), konsentrat, metabolit, konstituen, dan ekstrak.

Suplemen makanan bisa berbentuk tablet, tablet isap, tablet effervescence, serbuk, kapsul, serta produk cair berupa sirup atau larutan.

Suplemen makanan bukan ditujukan untuk pengobatan atau pencegahan suatu penyakit, melainkan untuk tujuan pemeliharaan kesehatan, sebagai nutrisi pada sistem organ tubuh atau pada keadaan tertentu di mana terjadi peningkatan kebutuhan asupan gizi, misalnya masa kehamilan, menyusui, dan masa penyembuhan.

Jadi, secara garis besar, suplemen makanan adalah suatu produk makanan yang mempunyai peranan dalam membantu metabolisme tubuh sehingga akan meningkatkan derajat kesehatan manusia.

Suplemen kadang membuat kita bingung. Penelitian seputar kesehatan terus berkembang setiap saat. Berikut ini adalah rangkuman dari beberapa sumber mengenai issue dan fakta seputar suplemen.

Issue : Jika tubuh selalu capek dan lemas, itu pertanda kurang vitamin B kompleks. Fakta : B kompleks sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu menghasilkan energi. Vitamin B kompleks bertugas merawat jaringan saraf agar berfungsi dengan baik serta membantu melancarkan metabolisme tubuh. Jumlah vitamin B yang dibutuhkan tubuh adalah B1 = 1,8 mg/hari, B2 = 3 mg/hari, B5 = 5 mg/hari, dan B12 = 2,14 mg/hari. Kadar tersebut didapatkan dengan mengkonsumsi makanan diantaranya gandum, brokoli, yogurt, pisang atau daging merah bebas lemak.

Issue : Vitamin E membantu mencegah serangan jantung, kanker payudara, kanker usus dan penyakit lainnya. Fakta : Vitamin E yang cukup dapat membantu mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah. Apabila pembuluh darah dalam keadaan licin, maka lemak tidak dapat menempel. Seperti kita tahu, timbunan lemak pada pembuluh darah memperbesar risiko serangan jantung. Hati-hati mengkonsumsi vitamin E, karena vitamin E yang berlebihan (diatas 400 UI) sulit untuk dikeluarkan dari tubuh karena vitamin E larut dalam lemak. Cukup 200 sampai 400 mg/hari.

Issue : Setiap wanita butuh suplemen zat besi akibat kekurangan darah selama menstruasi. Fakta : Sebagian besar wanita kehilangan 35 ml (sekitar 3 sendok teh) selama 4 sampai 6 hari saat datang bulan. Sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan, barulah ketika kehilangan darah tersebut mencapai 80 ml, maka dapat berisiko terkena anemia. Ada cara tercepat untuk mengetahui anda kekurangan zat besi. Tarik bagian bawah kelopak mata. Bila berwarna putih atau pink pucat, anda mungkin terkena anemia. Oleh sebab itu, perbanyak konsumsi sayuran berwarna merah dan hijau untuk memenuhi kebutuhan zat besi anda.

Berapa kali anda berhubungan intim selama seminggu?