May 14, 2008

Pendarahan Vagina bag. 1

Kenali Jenisnya
Pendarahan, dalam beberapa kasus sering diacuhkan. Flek yang muncul di lapisan dalam under wear sering dianggap sebagai faktor kelelahan secara fisik. Selanjutnya, problem ini menjadi keseharian yang ‘sangat biasa’. Ada kalanya wanita perlu mengetahui ‘kelainan-kelainan’ sepele dalam diri mereka. Jadi jangan anggap enteng flek anda.

Beberapa faktor yang bisa memicu munculnya flek - yang sebetulnya berasal dari darah yang sudah mengering – ini sama sepelenya. Namun perlu diwaspadai pendarahan yang terjadi di luar masa menstruasi, karena bisa jadi ini adalah gejala penyakit berbahaya. Meskipun penyebabnya juga sangat ringan, misalnya trauma usai berhubungan intim.

Ada dua macam pendarahan yang biasa dialami wanita, yaitu yang berhubungan dengan haid dan yang tidak berhubungan sama sekali dengan siklus menstruasi. Keduanya bisa mengindikasikan adanya persoalan yang serius dengan tubuh anda, masalahnya seberapa perlukah kita mengetahui bahayanya?

Jika perdarahannya berhubungan dengan haid, maka jumlah darah yang keluar akan lebih banyak dari seharusnya dan siklusnya pun lebih lama dari biasanya. Sementara perdarahan di luar masa haid adalah perdarahan yang terjadi setelah masa haid. Pendarahan yang terjadi di luar masa haid, meskipun darah yang keluar cuma sedikit atau hanya flek, tetap disebut sebagai perdarahan.

Penyebab perdarahan di luar masa haid beragam. Agar penanganannya tepat, harus diketahui penyebab pendarahannya. Kalau penyebabnya karena penggunaan alat kontrasepsi, maka harus dibagi lagi berdasarkan sifatnya. Alat kontrasepsi yang bersifat hormonal (pil, suntik dan susuk) serta yang bersifat non-hormonal (spiral). Setelah dibedakan penyebabnya, maka masih ditelusuri lagi apakah pemakaian alat kontrasepsi tersebut sudah sesuai dengan aturan atau mungkin ada kontradiksi antara pemakai dengan alat kontrasepsi yang digunakannya.

Berapa kali anda berhubungan intim selama seminggu?