May 12, 2008

Dampak Buruk, Tidak Dekatnya Orangtua dengan Anak

Ketenangan dan ketenteraman batin anak-anak merupakan bagian terpenting dalam keutuhan sebuah keluarga. Tak arif rasanya, bila seorang ibu atau ayah menelantarkan anak-anak hingga tercipta suasana rumah yang sepi dari interaksi antara orangtua dengan buah hatinya.

Namun, apa boleh buat, seiring berkembangnya zaman, banyak orangtua yang seolah tidak mampu menghiasi suasana rumahnya dengan kegembiraan dan keceriaan bersama anak.

Untuk orangtua yang belum mendekatkan diri dengan anak, segera, dekatkan diri dengan anak anda, karena ternyata ada berbagai dampak buruk yang terjadi pada anak.

Jika kedekatan antara orangtua dan si kecil tidak terjalin secara utuh. Tentu kondisi ini akan menimbulkan berbagai efek buruk. Di antaranya:

Gangguan pola makan. Rasa lapar yang tidak segera dipenuhi membuat bayi menderita dan frustrasi. Namun di satu sisi, bayi mencoba melakukan adaptasi terhadap rasa laparnya. Bila adaptasi ini berkembang menjadi pola, maka bayi cenderung tak suka makan dan orangtua menganggapnya sulit makan.

Mencari perhatian pada orang lain. Si kecil berusaha mencari perhatian pada orang lain selain orangtuanya. Mengapa? Karena dia merasa kurang mendapatkan kasih sayang yang utuh sebagai akibat proses kelekatan yang kurang baik. Dia tidak merasa puas dengan situasi dan perlakuan yang diterimanya.

Konsep diri negatif. Anak yang tidak lekat atau kurang mendapat perhatian dari orangtua akan merasa tidak disayang dan tidak berharga. Perasaan ini mendorongnya untuk membangun konsep diri yang negatif. Konsep diri seperti ini membuatnya sulit mandiri dan berdisiplin. Alhasil, di tahap usia selanjutnya anak mudah mengadopsi perilaku buruk, seperti mencuri, berbohong, menyakiti, dan sebagainya.

Kemampuan sosialisasi terhambat. Anak sulit beradaptasi dengan lingkungan sendiri apalagi lingkungan baru. Dia juga sulit menerima orang lain dan juga sulit memenuhi kebutuhan emosionalnya. Dia tumbuh menjadi pribadi yang sulit.

Sulit memahami sesuatu. Kurangnya kelekatan akan menyebabkan anak mengalami masalah pembelajaran. Kemampuan memahami/menangkap instruksi tergolong lambat. Ia juga kesulitan memahami peristiwa yang dialami sehari-hari. Selain sulit belajar dari kesalahan yang dilakukannya, anak pun akan sulit memahami mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang baik dan tidak baik, serta mana yang salah dan benar.

Berapa kali anda berhubungan intim selama seminggu?