May 12, 2008

Janin di Dalam Kandungan Sudah Harus Mendapat Kalsium

Para ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan mengadung kalsium agar janin saat lahir memiliki kandungan kalsium yang cukup pada tulangnya, kata guru besar FKUI Prof Dr Ichramsjah A Rachman SpOG.

"Pemberian kalsium sejak dalam janin hingga bayi dan usia 30 tahun akan mampu mencegah penyakit keropos tulang (osteoprosis) saat memasuki lansia," katanya di Jakarta, Sabtu.

Seusai acara pengukuhan sebagai guru besar tetap Ilmu Kandungan Dan Kebidanan FKUI itu, Ichramsjah mengatakan, sebanyak 227.850 orang wanita lansia atau 14,47 persen dari 15,5 juta wanita lansia di Indonesia pada 2000 menderita osteoporosis.

"Para wanita menderita keropos tulang akibat masa kecil hingga usia 30 tahun kurang mengkonsumsi makanan berkalsium, seperti ikan teri, sayur-sayuran, telur, susu," katanya.

Biaya pengobatan sakit keropos tulang pada 227.850 wanita lansia di Indonesia diperkirakan mencapai 2,7 milyar dolar AS atau sekitar Rp27 triliun.

Ichramsjah menambahkan, pada tahun 2015 jumlah wanita lansia menderita keropos tulang akan meningkat mencapai 352.800 orang yang memerlukan biaya pengobatan 3,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp32 triliun.

Dia mengharapkan pemerintah membuat kebijakan yang jelas dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis melalui perbaikan gizi masyarakat dan penyediaan asuransi kesehatan untuk membiayai pengobatan dan perawatan.

Selain itu, pemrintah perlu menggalakkan para petani menanam sayuran berkalsium tinggi dan tanaman obat mengandung kalsium sehingga membantu pencegahan dan pembelian obat murah tanpa harus mengimpor obat osteoporosis dari luar negeri. (Ant/O-1)

sumber: Media Indonesia Online

Berapa kali anda berhubungan intim selama seminggu?