May 22, 2008

Problema Kerontokan Rambut

Banyak faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya kerontokan rambut (bahkan sampai kebotakan), antara lain karena stres, pengobatan atau penyakit tertentu, seperti kekurangan mineral, akibat diet yang tidak seimbang, adanya infeksi jamur/ bakteri, bisa juga penggunaan produk tertentu yang tidak cocok, penggunaan alat penghias rambut, misalnya mengikat rambut terlalu kencang atau penggunaan brush rollers yang terlalu sering, bisa juga perubahan hormon, misalnya ketika hamil. Kehamilan dapat menyebabkan produksi folikel terhenti untuk sementara serta kebotakan yang dapat saja disebabkan oleh faktor genetis

Dalam kondisi normal pun kerontokan rambut bisa saja terjadi. Biasanya ketika kulit kepala mengalami masa istirahat (resting stage) untuk kemudian beregenerasi kembali. Berbeda dengan lansia, pada usia muda kerontokan serta perubahan warna rambut masih tergolong normal bila tidak melebihi 15 % (termasuk yang anda temui pada sisir, bantal dan ketika anda keramas) dari jumlah keseluruhan rambut yang menempel di kulit kepala.

Rata- rata jumlah normal rambut rontok perhari adalah 20 hingga 60 helai (dibawah 100). Semakin tua usia seseorang, semakin banyak jumlah rambut yang rontok dan tidak tumbuh kembali. Untuk menguatkan akar rambut, rawatlah menggunakan shampoo berformula khusus yang dapat membantu memberi asupan nutrisi bagi rambut, sehingga dapat mengurangi kerusakan rambut hingga 40 %. Gunakan kondisioner supaya hasilnya optimal.

Berapa kali anda berhubungan intim selama seminggu?